Pilihan Skuter Gaya Klasik TheGasPol.com

By | 2019-05-03T15:12:54+00:00 May 3rd, 2019|Velg Mobil|

Secangkir cappuccino panas ada di atas meja. Lengkap dengan "lukisan" indah di atas busa di atas. Sore itu saya tidak sengaja mampir ke kedai kopi berlangganan untuk menikmati momen sambil menyelesaikan pekerjaan.

Padahal sore itu bukan waktu yang tepat untuk menikmati menu campuran antara esspresso dan susu. Di negara asalnya, Italia, cappuccino tidak lain adalah menu sarapan. Tapi saya pikir selama itu tetap enak, mengapa tidak?

Lagipula, sepertinya cappuccino adalah pilihan yang tepat untuk menjadi temanku menuangkan cerita tentang pengalaman naik tes kali ini. Karena skuter yang digunakan keduanya "peninggalan" Italia.

Yup, ketika berbicara tentang skuter, Italia tidak hanya menghadirkan Vespa. Tapi ada juga Lambretta, yang namanya mungkin tidak asing. Skuter merek ini memang memiliki kekosongan, tetapi kembali ke kancah otomotif global.

Karyanya di Indonesia kini berada di tangan PT Skuter Motor Indonesia (SMI) sebagai distributor resminya. V200 adalah salah satu dari dua model Lambretta yang dipasarkan selain V125. Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang V200, ada baiknya kita terlebih dahulu mengupas perbedaan antara kedua model ini.

Pertama-tama, kapasitas mesin adalah perbedaan utama. Sesuai namanya, Lambretta V125 Special menggunakan mesin 125 cc. Sementara itu, Lambretta V200 Special dijejali runway 169 cc. Jadi jangan salah. Meski menggunakan nama V200, namun kapasitas mesin belum tentu mewakili.

Perbedaan lainnya adalah di sektor kaki dan pengereman. Di mana Lambretta V200 telah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System) untuk rem depannya. Sementara itu, Anda tidak akan menemukan fitur ini di V125. Lalu pada V200 ada dua suspensi yang mengawal ban belakang. Namun untuk V125 cukup dengan satu suspensi.

Selebihnya, perbedaannya ada di tubuh. Di mana tubuh V200 dibiarkan polos. Sementara V125 didekorasi dengan grafis balap retro.

Cappuccino yang saya pesan hampir menyentuh bagian bawah cangkir. Mungkin sudah waktunya untuk bersiap-siap naik. Sejujurnya, cuaca berangin yang menghiasi Jakarta siang ini membuat saya agak menyesal meninggalkan parka yang biasa saya gunakan. Begitu juga dengan andalan saya Doc Mart. Bahkan jika Anda memikirkan pengaturan keduanya sangat cocok untuk menggunakan berkuda dengan Lambretta.

Jadi, bagaimana perasaan Anda tentang mengendarai skuter? Kebetulan unit yang saya coba adalah Lambretta V200 Special. Tubuh mungkin terlihat kompak. Meski sebenarnya skuter ini memiliki ketinggian tempat duduk tinggi, 800 cm. Rider dengan tinggi 180 cm ini masih dibuat agak jinjit.

Tapi bagusnya, ada ruang kaki yang sangat lebar sehingga aktivitas berkuda terasa nyaman. Posisi setang juga sangat pas. Tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Pengendara postur tinggi akan merasa sangat nyaman.

Satu-satunya catatan adalah busa jok tipis. Jika Anda menebak, mungkin desain jok digunakan untuk mengatur posisi mengemudi sehingga tidak terlalu tinggi. Karena dalam bentuk tempat duduk seperti itu, sebenarnya skuter ini sudah cukup tinggi.

Putar kunci kontak dan suara mesin tidak akan jauh berbeda dari kebanyakan skuter pada umumnya. Performa belt dan CVT dalam mengolah tenaga mesin cukup mengasyikkan. Saya sangat menikmati skuter ini, baik ketika diundang untuk menyetop berhenti atau pergi nakal dengan membuka lebar bensin.

Lambretta V200 Special rate sangat nyaman dengan kontrol suspensi yang digunakannya. Sejujurnya, kehadiran dua suspensi di bagian belakang membuat pengendara merasa lebih percaya diri dalam bermanuver.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang fitur Lambretta V200 Special. Untuk alasan ini V200 jelas sudah menggunakan bohlam LED untuk semua lampu.

Kapasitas bagasi juga tidak bisa dilupakan. Di bawah jok Anda dapat menemukan ruang penyimpanan besar yang dapat digunakan untuk meletakkan satu helm. Bukan hanya itu karena di dek depan masih menyediakan ruang untuk menyimpan barang yang lebih kecil. Di bagian ini Anda juga dapat menemukan soket USB.

Terlepas dari semua itu, itu sederhana dan menyenangkan rasanya kombinasi kata yang tepat untuk mewakili Spesial Lambretta V200. Sama halnya dengan secangkir cappuccino. Tidak perlu banyak campuran, tetapi tetap bisa dinikmati. Hal lain yang bernilai tambah adalah ia hadir dengan sentuhan estetika yang menyenangkan di mata.

Galeri foto khusus Lambretta V200:

About the Author: