Poles Kendaraan Dirumah, Begini Caranya TheGasPol.com

By | 2019-08-09T10:18:26+00:00 August 9th, 2019|Velg Mobil|

Foto : Bramantia Tamtama

Mengilapkan permukaan cat pada bodi kendaraan sesekali tak perlu bergantung pada tenaga professional seperti di salon mobil atau bengkel detailing. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah bila tau caranya.

Ini merupakan hal yang penting, sebab jika salah pengaplikasiannya, maka bukannya hasil kilap terbaik yang Anda dapat melainkan malah kusam dan membuat jelek permukaan cat kendaraan.

Dani Haryono, Vehicle Repair & Maintenance Division Henkel Indonesia berbagi informasi cara memoles sendiri kendaraan di rumah, disela peluncuran Polishing Series Teroson WX 180 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Dani, untuk mendapatkan hasil poles maksimal, pastikan lebih dulu kendaraan dalam keadaan bersih. Artinya kendaraan harus dicuci dahulu sebelum mulai memoles. Hal ini untuk memastikan permukaan cat kendaraan bebas debu yang menempel agar saat proses pemolesan dilakukan tidak meninggalkan goresan.

Setelah proses pencucian, letakkan kendaraan di tempat yang terlindung dari paparan sinar matahari. Bila memoles kendaraan langsung dibawah sinar matahari, maka akan membuat cairan polesan cepat kering dan meninggalkan sisa-sisa polesan berupa bayanagan berwarna putih.

Selain terjaga dari paparan sinar matahari, Dani juga menyebutkan bahwa permukaan cat khususnya di bagian kap motor harus dalam keadaan dingin, atau bukan tepat setelah kendaraan berhenti yang membuat kap motor terkena panas dari mesin.

“Memolesnya sebaiknya menggunakan manual atau dengan tangan karena kita bisa mnegatur sendiri tekanannya. Gunakanlah  alat bantu atau soft pad yang sesuai serta tahap akhir harus di lap menggunakan kain berbahan microfiber yang tepat. Karena lap yang tidak baik justru membuat goresan akibat adanya kotoran yang menempel,” jelas Dani.

Berani coba?

 

About the Author: