Polisi Lalu Lintas Nasional Mempersiapkan STNK Elektronik

By | 2019-11-01T16:47:28+00:00 November 1st, 2019|Velg Mobil|

STNK Elektronik Segera Dilepas – Demi memberikan akses dan informasi yang mudah kepada publik, Kepolisian Lalu Lintas Nasional juga tak henti-hentinya mengimplementasikan berbagai kemajuan inovasi jaringan teknologi. Tentu saja, ini telah menjadi langkah positif di era digital yang serba cepat ini.

Terkait dengan ini, baru-baru ini Polisi Lalu Lintas Nasional Polisi sendiri telah secara resmi merilis Smart SIM atau kartu SIM Elektronik yang merupakan salah satu program digitalisasi fungsional menggantikan kartu SIM konvensional yang lama. Namun, tampaknya tidak berakhir di sana, mengingat berita bahwa polisi lalu lintas Indonesia saat ini sedang mempersiapkan e-STNK atau apa yang disebut sebagai STNK Elektronik.

STNK Elektronik Segera Dilepas

Jika Anda melihat STNK yang saat ini digunakan, tulis dua catatan nota, yaitu nomor registrasi kendaraan bermotor (TNKB) dan bukti kewajiban pembayaran. Namun, ketika Nantint e-STNK diluncurkan, itu akan berubah sepenuhnya.

Dimana, berdasarkan informasi yang beredar, bentuk e-STNK itu sendiri akan dalam bentuk kartu yang berisi chip seperti yang diterapkan pada Smart SIM. Meski masih menjadi wacana, model baru STNK saat ini sedang dalam tahap penilaian bertahap.

Hal itu seperti yang dinyatakan oleh Brigadir Jenderal (Pol) Halim Paggara sebagai Direktur Registrasi Lalu Lintas Kepolisian Nasional pada 31 Oktober 2019 yang mengatakan bahwa saat ini terdapat langkah nyata untuk mengeluarkan model baru registrasi kendaraan.

"Ini akan menjadi kartu, tapi desainnya masih bisa berubah, dalam penilaian," kata Halim Pagarra.

Namun, hanya untuk jadwal peluncurannya sendiri, Halim belum memberikan konfirmasi tentang kapan e-STNK akan dirilis. Meski begitu, katanya saat ini sedang dalam proses penilaian bersama dengan para ahli dan pihak terkait.

About the Author: