Work Wheels Official

Setiap kendaraan bermotor memiliki cara tersendiri dalam menangani masalah perawatan. Beda tipe juga beda perawatan yang harus dilakukan agar motor dalam kondisi baik.

Salah dalam hal perawatan bisa berdampak pada kondisi motor. Lain halnya dengan bisnis radiator, pada tipe bebek tentunya komponen ini tidak ditemukan. Namun, pada tipe sport dan automatic, Anda harus rutin mengecek ketersediaan air radiator. Sehingga mesin dapat tetap berada pada temperatur yang wajar.

Apalagi pada motor sport fairing, bodi dengan dimensi besar ini sulit dirawat. Apalagi jika Anda masih ceroboh dalam menempatkan motor. Satu – satu kuku lecet bisa menempel di body motor.

“Para pecinta fairing sport bike perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam merawat motornya. Perlu pengecekan komponen secara menyeluruh agar dapat digunakan secara maksimal, termasuk fairing itu sendiri,” kata Riyadi Prihantono, After Sales Service CS Division Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berikut perawatan motor sport fairing yang bisa Anda lakukan:

1. Secara Rutin Memanaskan Mesin Motor

Dalam beberapa waktu dalam jangka pendek Anda harus memanaskan motor 5-10 menit. Fungsinya untuk membuat oli bersirkulasi agar bagian-bagian di dalam mesin terlumasi. Selain itu, pemanasan motor juga berguna untuk mengisi ulang aki atau aki motor agar tidak mudah drop atau basah kuyup.

2. Pendingin (air radiator)

Periksa level cairan pendingin di reservoir. Jika dirasa kurang, bisa ditambahkan coolant yang direkomendasikan. Periksa juga kebocoran pada sistem pendingin.

3. Sistem Pengereman

Periksa level minyak rem melalui indikator pada master rem, dan periksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem. Bersihkan kampas rem dari oli, pelumas, serbuk kampas rem pada permukaan rem dan komponen sekitarnya.

4. Kopling dan Perpindahan Gigi

Periksa jarak main bebas tuas kopling dan setel bila perlu. Pastikan perpindahan gigi dapat bergerak dengan normal dan sesuaikan jika perlu.

5. Rantai Drive

Bersihkan dan lumasi rantai, dan periksa ketegangan rantai jika perlu, sesuaikan di bengkel resmi Yamaha terdekat. Gunakan produk pelumas rantai yang direkomendasikan.

6. Kondisi Ban

Cek kondisi tekanan ban dan lekukan ban agar pengendaraan lebih nyaman dan performa maksimal. Tekanan ban normal ban depan: 200 kPa/29 psi dan ban belakang: 225 kPa/33 psi.

7. Cek kondisi baterai / accu

Cara termudah adalah dengan memeriksa fungsi start dan klakson apakah masih berfungsi, berarti baterai dalam kondisi OK. Jika anda memiliki multitester, maka aki/aki sudah OK dengan tegangan > 12,4 volt. Jika hasil pengukuran di bawah angka tersebut, lakukan pengisian di bengkel resmi Yamaha.

8. Jaga kebersihan fairing

Fairing harus dibersihkan secara teratur agar terlihat mengkilap. Apalagi jika motor baru digunakan saat musim hujan. Jika Anda tidak membersihkannya dengan benar, dapat merusak fairing.

Gunakan kain lembut bersih atau spons dengan air untuk membersihkan bahan plastik. Bisa juga menggunakan deterjen ringan yang diencerkan dengan air, lalu dibilas. Untuk model matte, jangan bersihkan dengan kuas, produk kimia keras, atau senyawa pembersih karena dapat menggores atau merusak permukaan. Bahan lilin juga tidak digunakan.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020