Work Wheels Official


PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) melengkapi varian Renault Triber di Indonesia dengan pilihan transmisi AMT. Untuk sebuah MPV dengan pilihan transmisi semi otomatis, Renault Triber AMT dibandrol dengan harga Rp 163 juta (on the road) di Jakarta.

Transmisi AMT sebenarnya merupakan transmisi manual 5 kecepatan biasa dengan pola H yang pergerakan koplingnya diotomatiskan dengan sistem tekanan fluida. Pengguna transmisi jenis ini bisa menggeser gigi dari terendah ke tertinggi tanpa menginjak pedal kopling. Oleh karena itu jenis transmisi disini disebut AMT atau Automated Manual Transmission.

Teknologi yang berkembang pada tahun 1970-an ini pertama kali diadopsi oleh Porsche. Dalam perkembangannya, transmisi AMT di Indonesia juga telah digunakan oleh Fiat 600, Suzuki Karimun, dan Wuling Confero.

Meski termasuk dalam kategori transmisi manual, namun gearbox AMT yang digunakan pada Triber ini memiliki fungsi yang mirip dengan versi transmisi otomatis alias masih menggunakan format dua pedal. Namun, mungkin ada teknologi triptonik tambahan.

Transmisi AMT merupakan jenis transmisi elektro mekanis dimana tuas transmisi secara elektrik menggerakkan proses perpindahan gearbox. Salah satu keuntungannya adalah meminimalisir kesalahan perpindahan yang merupakan faktor keamanan.

Misalnya, saat Anda masuk ke posisi R, mobil berjalan ke depan (D). Ini dapat dicegah secara elektronik oleh sistem mekanis di mobil ini.

Davy J Tuilan, Chief Operating Officer PT MAxindo Renault Indonesia, mengatakan teknologi canggih yang dibarengi dengan harga yang murah menjadi salah satu kekuatan Renault Triber dalam memperebutkan pasar otomotif Indonesia. Menurut survei kami, mobil itu satu-satunya yang dijual dengan harga di bawah Rp. 200 juta dengan transmisi tipe AMT triptonic.

Leave a Reply