Senjata dari Hutan Split TheGasPol.com

By | 2019-02-18T15:12:01+00:00 February 18th, 2019|Velg Mobil|

Land Rover memang telah menjadi merek legendaris di dunia. Kemampuan dan kekuatannya untuk menjelajahi medan yang buruk tidak perlu diragukan. Judul mobil segala medan yang disandangnya, membuat gaya Land Rover sangat sukses di jalur militer, kompetisi offroad, dan bahkan industri pekerja keras seperti perkebunan dan pertambangan di dunia.

Terlahir dari mobil yang diproduksi secara massal setelah era Perang Dunia Kedua di Solihull, Inggris, Land Rover terus mengembangkan mobilnya menjadi kendaraan multiguna yang menawarkan banyak kemampuan. Zaman juga berkembang, menurut persaingan pasar Land Rover harus membuat kendaraan dengan kemampuan gerilya yang serupa tetapi harus lebih bergengsi.

Medio 1989, Land Rover memutuskan untuk meluncurkan varian baru mobil berkapasitas ganda, tetapi memiliki kesan mengendarai sedan. Dengan menggunakan identitas Land Rover Discovery, pada saat itu fasilitas produksi Land Rover di Inggris memiliki sejarah baru membuat mobil yang baru-baru ini dikenal sebagai model SUV Sport Utility Vehicle ukuran menengah.

Era baru jip sedan telah dimulai, pada saat itu konsumen lebih menginginkan mobil yang mereka beli, yaitu ketangguhan, kenyamanan dan kemewahan. Land Rover juga telah berkembang hingga saat ini dan memiliki lebih banyak varian.

Ini adalah salah satunya, Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE lansiran 2018. Ini adalah versi kecil dari Land Rover Discovery yang pertama kali lahir pada tahun 2014, tetapi memiliki kemampuan yang sama.

Salah satu poin paling menonjol dari semua model Land Rover adalah posisi duduk di kabin. Gaya aristokrat yang khas masih dipertahankan oleh pabrikan untuk memberikan kebebasan visibilitas bagi pengemudi dan penumpangnya. Posisi duduk cukup tinggi dengan ketinggian trim pintu bagian atas sebatas lengan, dengan cara ini sesuai dengan keinginan kerajaan di Britania Raya di sana, seluruh mobil dapat dengan mudah melihat keluar sambil tersenyum pada komunitas .

Duduk di dalam kabin Discovery Sport Land cukup menyenangkan, posisi terbaik mudah diperoleh dengan memainkan tuas listrik di samping kursi pengemudi dan penumpang. Ketika Anda telah menemukan posisi duduk yang ideal, setir dapat dengan mudah dicapai berkat fitur kemiringan dan teleskopik dari konsol kemudi. Meski begitu, dengan kenop pemilih transmisi bersama dengan tombol di cluster tengah dan bawah, itu dapat dengan mudah diakses.

Land Rover tidak bermain untuk bisnis mewah. Bahan pembungkus interior dipilih menggunakan lapisan kulit terbaik yang memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Semakin nyaman rasanya berkat fitur dukungan lumbar yang tersedia untuk kursi pengemudi, sehingga aktivitas mengemudi tidak terasa lelah.

Mobil ini lahir dengan konfigurasi tempat duduk tiga baris. Namun yang sangat disayangkan adalah pengadaan bangku di baris ketiga terpaksa. Karena ruang kaki dan kepala yang diberikan sangat sempit, sehingga hanya boleh ditempati oleh anak kecil dengan tinggi badan maksimal 150 cm. Terutama ketika posisi bangku baris ketiga terbuka, Anda akan secara otomatis kehilangan ruang penyimpanan di bagasi.

Dengan turbocharger tenaga bensin 2,0 liter yang ditenagai oleh hampir 200 hp dan torsi 320 Nm, mesin yang dikenal sebagai Ingenium ini mampu memberikan nilai yang cukup ekonomis tentang konsumsi bahan bakar. Di kota dengan kecepatan rata-rata 22 km / jam, Land Rover Discovery Sport menghabiskan 9,9 km / liter bensin oktan 98. Sedangkan untuk jelajah di jalan raya dengan kecepatan konstan 90 km / jam, mobil ini membutuhkan 17,8 km / liter.

Angka-angka penggunaan bahan bakar diuji dalam mode Eco driving, sehingga wajar jika jumlah hasil pengujian dalam konsumsi bahan bakar sangat mengesankan. Namun harus diakui, saat berkendara menggunakan Eco Mode, pengemudi dituntut memiliki kesabaran lebih karena tapak gas terasa tidak responsif.

Berbeda dengan ketika pemilih mode drive pindah ke Mode Sport, injakan pedal gas terasa begitu cepat merespons dengan perpindahan gigi transmisi pada 2.000 rpm. Dengan transmisi otomatis 9-speed, kecepatan tinggi dapat dengan mudah dicapai tanpa perlu membuat mesin menjerit.

Namun, meski terasa nyaman di jalan aspal, Discovery Sport Land Rover juga tak kalah bagusnya jika terpaksa melewati jalur offroad ringan. Sebagai keluarga Land Rover, SUV ini juga memiliki empat Mode Terrain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan jalanan.

Untuk empat musim, fitur Mode Terrain tentu akan membantu pengemudi dalam berkendara. Misalnya ketika bersalju atau untuk digunakan di jalan pedesaan lintas negara selama musim hujan.

Tidak seperti di Indonesia, jarang ada orang yang mau jika sebuah SUV seharga Rp. 1,499 miliar (off the road) jatuh ke jalan yang rusak. Secara umum, penggunaan mobil ini hanyalah senjata untuk membelah hutan beton perkotaan dengan penggunaan sesekali untuk keluar dari kota.

Dari pengujian yang kami lakukan, dapat disimpulkan bahwa mobil ini seperti memiliki tiga kepribadian dalam kemasan Land Rover Discovery Sport. Mobil ini dapat memberikan kenyamanan dan kemewahan dengan harga yang dibayar, taktis dan lincah ketika diundang untuk melintasi jalur offroad ringan dan langsung dapat menjadi senjata kekerasan untuk bidang aspal.

About the Author: