Work Wheels Official

Komponen yang satu ini tentunya sering Anda lihat saat berada di atas motor. Apalagi posisinya berada di sisi kanan stang. Namun siapa sangka masih banyak bikers yang belum familiar dengan nama dan fungsi minyak rem.

Rem motor saat ini terbagi menjadi dua, kancing dan cakram. Untuk rem cakram terdiri dari beberapa komponen yang dari tekanan pegangan rem dapat menjepit cakram dengan komponen yang disebut kanvas.

Namun, ada satu komponen yang berfungsi sebagai booster agar rem bisa berfungsi dengan baik. Menurut Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, sebagian pengendara sepeda motor hanya memperhatikan kampas rem dan cakram.

Padahal kondisi minyak rem juga perlu diperhatikan karena merupakan komponen utama dalam sistem rem hidrolik. Maka untuk menunjang keselamatan dan keselamatan berkendara, pengemudi harus memperhatikan dan mengetahui peran minyak rem, antara lain:

1. Fungsi dan Cara Kerja Minyak Rem

Minyak rem berfungsi untuk mendorong piston pada kaliper rem sehingga kampas rem dapat menjepit cakram sesuai tekanan pada saat tuas master rem ditarik. Selain itu, minyak rem juga berfungsi untuk meredam panas akibat gesekan logam pada komponen sistem pengereman yaitu kanvas dan cakram.

Pada sistem pengereman hidrolik (disc brake) jika tidak ada minyak rem maka sistem rem hidrolik tidak akan bekerja walaupun tuas rem sudah ditarik berkali-kali dengan sekuat tenaga. Begitu juga saat volume minyak rem berkurang, performanya tidak akan maksimal.

2. Seumur Hidup Minyak Rem

Untuk memastikan fungsi pengereman sepeda motor tetap berfungsi dengan baik dan optimal, maka perlu dilakukan perawatan dengan mengganti minyak rem kurang lebih saat mencapai jarak 24.000 km atau setiap 2 tahun sekali.

“Meskipun interval penggantian berkala cukup lama, namun sangat disarankan untuk melakukan inspeksi visual terhadap kondisi minyak rem di dalam tangki master rem, baik pemeriksaan kuantitas maupun kualitas,” kata Ade.

3. Minyak Rem Harus Diganti

Jika kondisi minyak rem sudah tidak layak pakai, disarankan untuk segera menggantinya, hal ini terlihat pada warna minyak rem yang mulai keruh dan kotor serta volumenya berkurang.

Ade menambahkan, “Kondisi minyak rem yang buruk dapat merusak karet seal pada master rem dan seal pada kaliper rem serta saluran minyak rem dapat berkarat. “Jadi fungsi pengereman tidak maksimal atau berkurang dan berpotensi menyebabkan rem blong yang bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

4. Gunakan Spesifikasi yang Tepat

Bagi pemilik sepeda motor Honda, gunakan minyak rem AHM Honda DOT-4 yang merupakan minyak rem asli. Minyak rem ini direkomendasikan untuk sepeda motor Honda agar lebih tahan terhadap suhu akibat pengereman panas.

Setiap melakukan perawatan sepeda motor, tentunya Anda juga harus mengingatkan mekanik untuk memeriksa minyak rem pada sepeda motor Anda.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020