Spread Pandemi Corona, Penjualan Kendaraan Bermotor anjlok

By | 2020-04-13T22:21:36+00:00 April 13th, 2020|Velg Mobil|

Corona Menyebabkan Angka Penjualan Otomotif Nasional Turun – Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 yang saat ini menyebar dan mewabah di Indonesia berdampak kuat pada pergerakan industri otomotif nasional. Tentu saja dampaknya tidak lepas dari dampak di beberapa sektor otomotif domestik.

Salah satu efek atau efek virus Korona yang menyebabkan penurunan penjualan kendaraan bermotor di Indonesia. Bukan tanpa alasan, berdasarkan sumber SindoNews pada 13 April 2020, disebutkan bahwa jumlah total penjualan kendaraan roda empat pada Januari 2020 sudah mulai menunjukkan penurunan dengan total penjualan menjadi 80.400 unit atau 1,1% dari periode sebelumnya. Setelah satu bulan, pada Februari 2020, jumlahnya turun lagi menjadi 79.500 unit atau 3,1%.

Corona Menyebabkan Angka Penjualan Otomotif Nasional Turun

Dari angka-angka ini, tentu saja, pasar otomotif nasional kemungkinan akan mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Bahkan, itu juga dilaporkan dari Gaikindo yang sebelumnya mengatakan bahwa penurunan bisa mencapai 50% karena penurunan jumlah permintaan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tidak hanya itu, terutama masalah lain yang dihadapi oleh industri otomotif nasional adalah pasokan bahan baku dan komponen, terutama dari negara-negara yang menerapkan kebijakan pembatasan atau penguncian regional dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Corona.

"Gangguan industri otomotif juga berdampak pada perekonomian nasional. Industri otomotif memiliki kontribusi yang signifikan terhadap PDB (produk domestik bruto) terutama PDB non-migas sebesar 3,98% pada 2019," kata Direktur Industri Maritim , Transportasi dan Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, dalam keterangan resminya belum lama ini pada Rabu (4/8/2020).

Dari masalah ini, tidak dapat dipungkiri bahwa fakta ini menjadi koreksi penting yang memerlukan strategi khusus, terutama bagi Agen Pemegang Merek (APM) untuk mempertahankan atau setidaknya mengatasi penurunan penjualan kendaraan bermotor di Indonesia.

About the Author: