Work Wheels Official

Tips agar ban mobil anda awet yaitu dengan menghindari membawa beban yang berlebihan.

Masa pakai ban mobil berbeda. Diantara penyebabnya yaitu karena penggunaan, kondisi jalan, dan tekanan ban berpengaruh. Begitu juga dengan beban yang dibawa mobil. Ternyata hal ini juga mempengaruhi daya tahan ban.

Jika mobil sering dibawa dengan beban berlebih, umur ban akan lebih pendek. Beban yang berlebihan membuat tekanan yang diterima ban lebih besar dari kapasitasnya.

Jika hal ini sering terjadi, lambat laun ban akan segera rusak karena strukturnya terganggu. Apalagi jika mobil digunakan dengan beban berlebih di jalan dalam kondisi buruk. Semakin cepat kerusakan ban terjadi.

Potensi kerusakan ban akan semakin besar jika Anda membawa beban berat sambil lalai memperhatikan tekanan ban yang benar. Tak hanya rusak, ban juga rawan pecah saat menabrak lubang. Sangat berbahaya.

Fakta ini menunjukkan bahwa overloading tidak hanya membuat ban cepat aus. Faktor keselamatan berkendara juga terpengaruh. Ini contoh lain. Mobil yang kelebihan beban pasti akan membuat sulit dikendalikan. Pengereman tidak bekerja maksimal. Akibatnya, risiko mengalami kecelakaan cukup besar.

Oleh karena itu, pengemudi harus mampu menjaga beban yang dibawa kendaraannya sesuai standar. Untuk mengetahuinya, kemampuan ban dalam menahan beban dapat dilihat dengan dua cara yaitu dengan melihat indeks beban ban dan daya dukung maksimal mobil.

Indeks beban pada ban adalah indeks yang menunjukkan beban maksimum yang dapat ditanggung oleh ban. Indikatornya adalah angka yang tercetak di sisi ban. Anda dapat dengan mudah melihatnya pada ban mobil untuk mengetahui indeks bebannya.

Misalnya, Dunlop menggunakan angka indeks beban terendah 76 dan tertinggi 160. Setiap angka yang berbeda menunjukkan kemampuan ban untuk menahan beban tertentu.

Misalnya, indeks beban 76 pada ban Dunlop menunjukkan toleransi beban hingga 400 kg. Kemudian load index 160 menunjukkan kemampuan ban yang mampu menahan beban hingga 4.500 kg.

PERHATIKAN DAYA BANTU KENDARAAN

Selain melihat indeks beban, pengemudi juga dapat melihat beban maksimum kendaraan. Ini juga mudah ditemukan di buku petunjuk mobil. Di sana sering disebutkan berat kotor kendaraan dan muatan kosong kendaraan.

Dari situ, pengemudi akan mengetahui batas aman beban yang dipikul mobil. Hal ini sering disebut sebagai payload atau daya dukung kendaraan.

Untuk mengetahuinya, pengemudi hanya perlu mengurangi berat kotor kendaraan dari berat kosong kendaraan. Hasilnya adalah jumlah maksimum dalam kilogram yang dapat dibawa oleh sebuah mobil.

Jika muatannya diketahui, pengemudi bisa memperkirakan beban yang dibawa mobil itu berlebihan atau tidak. Coba hitung berapa banyak penumpang di dalam mobil. Kemudian, perkirakan pengeluaran tambahan seperti berbagai barang yang dibawa. Tambahkan semuanya untuk mengetahui beban yang dibawa.

Jika masih di bawah payload, berarti beban mobil masih di bawah toleransi. Lain halnya jika sudah di atas payload. Beban harus dikurangi baik dengan meninggalkan barang bawaan atau mengurangi penumpang.

Perhatikan hal ini agar ban lebih awet. Tak hanya itu, keselamatan berkendara pun terjamin jika beban yang dibawa sesuai standar.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020