Work Wheels Official

Semua orang pasti menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman, bukan? Untuk itu, Anda perlu memastikan kondisi ban Anda optimal dan terawat. Jika dirawat dan dilakukan secara rutin, segala sesuatunya akan mudah terwujud dan bebas dari masalah.

Kita tahu bahwa ban adalah komponen vital sebuah kendaraan. Karena peran utamanya bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, dan berguna untuk memastikan kecepatan mobil selalu mulus.

Oleh karena itu ban harus dalam kondisi optimal dan sehat. Untuk itu, ada beberapa cara agar ban mobil Anda dapat berperan aktif dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda. Diantaranya, berikut Om James memberikan tipsnya:

Periksa Tekanan Ban Secara Teratur

Perhatikan tekanan ban. Selalu periksa secara rutin. Pastikan tekanannya sesuai dengan anjuran. Tekanan berlebih atau di bawah tekanan tidak baik untuk ban. Jika tekanan tidak cukup, ban rawan benturan atau erosi tidak merata. Saat itu, kecepatan mobil akan berat. Ujung-ujungnya, konsumsi bahan bakar kurang efisien.

Sedangkan jika tekanan ban yang berlebihan akan membuat ban terasa keras. Berkendara kurang nyaman. Selain itu, mengendalikan mobil lebih sulit. Seiring waktu, bagian tengah ban akan lebih cepat terkikis. Karena itu, tekanan ban harus tepat. Besarnya tekanan bervariasi dari satu mobil ke mobil lainnya. Jadi, lihat petunjuk di mobil. Biasanya di bagian samping pintu mobil akan ada rekomendasi tekanan ban yang ideal.

Inspeksi Visual Berkala

Sangat disarankan untuk mengamati ban secara berkala. Perhatikan kondisinya dengan cermat. Saat melakukan ini, carilah berbagai hal yang berpotensi mengganggu performa ban. Lihat apakah ada material seperti kerikil atau benda tajam yang masuk ke dalam tapak. Jika ada, segera bersihkan.

Perhatikan juga bagian samping ban. Pastikan tidak ada kerusakan seperti robekan atau adanya retakan. Ganti ban segera jika Anda menemukannya. Lalu, lihat tapak ban. Jika sudah mulai menipis, ban harus diganti. Perhatikan indikator keausan tapak pada ban untuk petunjuknya. Jika kedalaman alur ban mendekati 1,6 mm, maka penggantian ban wajib dilakukan.

Lakukan Spooring dan Balancing

Anda perlu melakukan spooring dan balancing secara teratur. Ini sangat penting untuk menjaga kecepatan mobil tetap lurus. Harus disadari, akibat benturan dengan permukaan jalan atau ada lubang di ban, ban bisa miring. Kondisi ini dapat diperbaiki dengan spooring dan balancing.

Spooring adalah proses menyetel kembali posisi keempat roda mobil ke posisi semula. Tujuannya agar hasil sesuai dengan pengaturan pabrik. Sedangkan balancing adalah penyetelan untuk menjaga keseimbangan di bagian atas, bawah atau kanan roda. Prosesnya dilakukan dengan menambahkan timah pada bagian yang kurang.

Lakukan kedua perawatan tersebut secara rutin. Idealnya setiap dua atau tiga bulan dan saat mengganti ban atau pelek.

Jalankan Rotasi Ban

Selesaikan semua langkah yang dijelaskan sebelumnya dengan melakukan rotasi ban. Sangat disarankan untuk memutar ban agar laju keausan ban merata. Secara umum, pelaksanaannya direkomendasikan setiap 10 ribu km sekali. Namun, bukan tidak mungkin jika kondisi ban semakin parah. Biasanya bengkel akan merekomendasikan waktu putaran ban.

Pelaksanaan rotasi tidak bisa sembarangan. Ada aturannya sesuai dengan jenis ban atau mobilnya. Misalnya, perputaran ban dengan penggerak roda belakang berbeda dengan perputaran ban dengan roda depan. Jadi, sangat disarankan untuk melakukannya di bengkel. Ini akan memastikan rotasi yang tepat.

Melakukan semua langkah yang disarankan akan menjaga ban bebas masalah. Kondisi ban akan optimal. Namun, jika kondisi ban sudah memburuk, sebaiknya diganti. Ban memiliki masa pakai sehingga tidak bisa dipaksa untuk dipakai terus menerus.

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020