Work Wheels Official

Merawat mobil di musim hujan bisa dilakukan mulai dari mengganti wiper, rain block kaca spion, hingga pengecekan rem.

Perawatan mobil saat musim hujan berbeda dengan saat musim kemarau. Tingkat kelembaban yang berbeda, kondisi jalan, dan cuaca yang berbeda memerlukan jenis perawatan mobil yang berbeda. Hal utama yang perlu diperhatikan baik saat berkendara maupun dalam merawat mobil di musim hujan tetap harus diperhatikan oleh pengguna. Misalnya, berkendara saat hujan menyebabkan kaca spion, ban dan rem basah, karet wiper kasar, dan kaca depan berembun sehingga mengganggu perjalanan.

Untuk mengatasi masalah mobil saat musim hujan seperti kaca yang berkabut dapat diatasi dengan menjaga AC tetap menyala yang membuat suhu di dalam mobil sesuai dengan suhu di luar mobil. Jika suhu di dalam mobil lebih hangat dari suhu di luar mobil, maka kaca akan berembun dan dapat mengganggu pandangan pengemudi. Sedangkan masalah karet wiper di kaca depan yang kasar tentunya akan mengganggu proses pembersihan air hujan dari pengemudi dan menghambatnya bahkan bisa membahayakan penumpang. Ganti karet wiper jika sudah tidak berfungsi dengan baik dan periksa secara berkala. Kaca spion basah juga akan mengganggu performa pengemudi. Oleh karena itu, siapkan kaca spion rain block atau kaca spion yang menutupi kaca spion dari guyuran hujan. Selain itu, siapkan juga kain lap di dalam mobil untuk membersihkan kaca spion. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jalan yang basah akan membuat rem tidak bekerja maksimal. Oleh karena itu, selalu pastikan mobil dalam performa yang baik dan maksimal di setiap perjalanan. Setelah mengantisipasi perjalanan di musim hujan, perawatan mobil harian saat musim hujan tidak kalah pentingnya. Laman Deltalube melansir beberapa hal penting dalam merawat mobil saat musim hujan.

Cuci mobil Anda secara teratur

Jika mobil terkena hujan, jangan biarkan air di dalam mobil mengering, karena kotoran yang menempel dapat meninggalkan bekas pada body mobil dan lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan. Gunakan spons lembut dan sabun khusus mobil saat membersihkan. Jika hanya terkena cipratan air hujan, cukup bilas mobil dengan air dan lap mobil hingga kering. Pada kaca depan dan karet di antara kaca, semprotkan silcon spray agar elastis dan mencegah kaca depan bocor.

Sediakan karpet di dalam mobil

Lantai mobil akan cenderung basah di musim hujan karena penumpang masuk dengan alas kaki basah. Menutupi lantai mobil dengan karpet dapat mencegah tumbuhnya jamur di lantai mobil. Siapkan karpet yang bisa dilepas dan dicuci dengan mudah, untuk menghindari air yang bersentuhan langsung dengan lantai mobil.

Parkir mobil di garasi

Baik di rumah, atau di tempat umum, usahakan untuk mencari tempat parkir mobil di garasi atau basement, agar meminimalisir hujan. Jika tidak dapat menemukannya, dan mobil dibiarkan lama, pastikan untuk menutupi mobil dengan penutup mobil.

Oleskan Coating pada bodi mobil

Selain itu, lakukan pelapisan pada cat bodi mobil dengan tujuan agar mobil lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor saat terciprat genangan air jalanan atau air hujan.

Redaktur : Dodi Agus S

Leave a Reply

Open chat
Halo Maxbro!!!
OTOMAX DISKON VELG MOBIL ???? BISA KREDIT LOH!
Ring 15 : Cuma 3.6Jt
Ring 16 : Cuma 4.3Jt
Ring 17 : Cuma 4.9Jt
Ring 18 : Cuma 5.9Jt

Sudah FREE ++
- Pemasangan
- Spooring
- Nitrogen
- Balancing
- Pentil
- Disc Baut Variasi
- Disc Centering

Kami menyediakan berbagai merk ban :
Pirelli | Yokohama | Michelin | Falken | Continental | Maxxis | Nangkang | Kumho
Accelera | Achilles | Bridgestone | Dunlop | GT Radial | Hankook | Kanati
_
Disini Promonya ?? :
https://linktr.ee/otomaxstore
_
*Jabodetabek | Home Credit
*Luar jabodetabek bisa pakai cicilan Marketplace (Kredivo, Akulaku Dll)
Periode Promo 01 Desember - 31 Desember 2020