Tips untuk Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi TheGasPol.com

By | 2019-05-29T13:22:48+00:00 May 29th, 2019|Velg Mobil|

Idul Fitri sudah dekat, orang siap berduyun-duyun ke kota asal mereka untuk tetap berhubungan dengan keluarga mereka. Mudik menggunakan mobil pribadi sudah menjadi tradisi keluarga Indonesia. Infrastruktur Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera yang telah membentang diharapkan dapat mengurangi waktu perjalanan dan mempercepat perjalanan mudik tahun ini.

Meski begitu, jarak ratusan kilometer tetap menjadi tantangan serius bagi pengemudi dan kondisi kendaraan. Selain itu, terbatasnya ketersediaan fasilitas umum seperti pompa bensin, tempat makan, bengkel dan klinik di Jalan Tol Trans Jawa merupakan masalah serius bagi pengendara dan keluarga.

Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, tidak ada salahnya merujuk pada Homecoming Tips menggunakan Mobil Pribadi, sehingga perjalanan selalu aman dan nyaman sampai tiba di rumah.

Merencanakan sebuah perjalanan

Pada hari Rabu, 29 Mei 2019, diperkirakan arus mudik akan mulai meningkat mengingat bagi sebagian orang hari ini adalah hari terakhir bekerja aktif di kantor. Rencanakan jam keberangkatan bersama dengan rute yang akan dilalui untuk mencegah kemacetan di jalan.

Hitung perkiraan konsumsi bahan bakar serta jarak yang harus ditempuh dan tentukan titik pengisian bahan bakar di pompa bensin sehingga kendaraan Anda tidak kehabisan bahan bakar. Jika perlu, ketika bahan bakar mulai mengering, tidak ada salahnya pergi ke rute alternatif yang tersedia banyak pompa bensin.

Juga tentukan lokasi untuk beristirahat dan tempat makan, karena Anda akan melakukan perjalanan ratusan kilometer dalam kondisi puasa.

Kondisi mobil

Sebagai armada transportasi andalan keluarga, pastikan mobil Anda telah menjalani pemeriksaan menyeluruh sebelum pulang. Ini untuk menjamin mobil Anda selalu berjalan dengan performa terbaik.

Tidak hanya itu, selama perjalanan Anda juga harus mengecek ambang suhu normal, radiator, aki mobil, ban mobil (kondisi angin), dan oli mesin.

Jangan memaksa mobil untuk membawanya di atas tingkat yang disarankan. Seperti membawa penumpang lebih dari jumlah kursi dan membawa banyak barang ekstra yang membuat performa kendaraan menjadi berat.

Kondisi tubuh

Sebagai pengemudi, pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Makan makanan yang penuh vitamin dan serat sebelum dan selama perjalanan Anda. Kondisi ini akan lebih bermanfaat bagi Anda selama perjalanan dan juga keramahan di rumah.

Bagasi

Prioritaskan barang bawaan sesuai kebutuhan. Jangan membawa barang-barang yang pada akhirnya tidak akan digunakan selama perjalanan atau di rumah.

Bagasi sesuai dengan prioritas penggunaannya, seperti mengganti pakaian, meletakkannya di tempat yang mudah diakses. Jangan lupa koper di bagasi tidak boleh mengganggu akses masuk dan keluar barang-barang kendaraan, seperti kit alat, kunci roda, ban cadangan ke kotak P3K.

Pastikan barang bawaan yang akan digunakan selama perjalanan mudah diakses oleh pengemudi dan penumpang. Seperti ponsel, charger travel, obat-obatan hingga makanan dan minuman ringan. Kartu tol elektronik juga harus dengan mudah diambil dan ditempatkan oleh pengemudi, jangan lupa untuk memastikan pembayaran Anda cukup untuk membayar tarif tol hingga tujuan akhir.

Jadwalkan istirahat

Tentukan jadwal dan lokasi istirahat, terutama bagi pengemudi. Setidaknya sekali setiap tiga jam Anda sebagai rapat perlu istirahat.

Ini diyakini dapat memulihkan kondisi tubuh Anda dan konsentrasi Anda akan pulih. Anda tidak perlu terburu-buru untuk sampai ke tujuan. Pahami kapan Anda harus mengemudi dan kapan harus beristirahat.

Peraturan lalu lintas

Patuhi aturan yang telah ditetapkan selama perjalanan bolak-balik agar tetap aman dan terjamin, lebih mengutamakan keselamatan daripada kecepatan.

Mengawasi tanda-tanda situasional yang telah dibuat oleh Polisi dan Manajer Jalan Tol untuk kelancaran perjalanan Anda. Dan juga mengerti, batas maksimal kendaraan yang melintas di jalan, baik jalan tol maupun jalan nasional.

Dengan begitu, diharapkan tips ini dapat membantu Anda dan keluarga Anda aman dan nyaman dalam perjalanan mereka bolak-balik dan dapat tiba di kota tujuan dengan aman. Selamat liburan dan selamat untuk keluarga dan keluarga di rumah.

About the Author: