Tujuh Langkah Tubuh Tetap Fit Mengemudi Versi Chevrolet dari TheGasPol.com

By | 2019-04-11T09:37:43+00:00 April 11th, 2019|Velg Mobil|

Mengemudi dalam lalu lintas yang padat di kota tentu saja banyak tantangan. Selain harus berkonsentrasi tinggi pada pengguna jalan lain, vitalitas bodi juga harus dijaga karena pengemudi butuh waktu lama duduk di dalam mobil.

Nyeri akibat rasa sakit atau rematik di sekitar persendian merupakan salah satu contoh kondisi yang sering dialami pengemudi saat berkendara melalui kemacetan di ibu kota serta menempuh jarak jauh ke luar kota. Kondisi lelah saat mengemudi dapat menyebabkan hal-hal yang fatal seperti menyebabkan kecelakaan. Karena itu, stamina dan kondisi tubuh bugar menjadi aspek yang harus diperhatikan oleh pengemudi agar keselamatan berkendara tetap terjaga.

"Aspek kesehatan memainkan peran penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan saat mengemudi dan menghindari kecelakaan. Data Korlantas dari Kepolisian Nasional mengatakan bahwa rata-rata 1.000 kecelakaan terjadi setiap hari. Memahami hal ini, Chevrolet Indonesia menyadari bahwa pengemudi harus menyiapkan kesiapan fisik dan kesehatan sebelum mengemudi. Oleh karena itu, kami menghadirkan pakar kesehatan, Dr. Daniel Bramantyo untuk berbagi serangkaian kiat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar dalam mengemudi, "kata Yuniadi Haksono Hartono, Direktur Hubungan Luar Negeri dan Komunikasi, GM Indonesia.

dr. Daniel Bramantyo adalah seorang praktisi kedokteran lulusan dari Universitas YARSI yang berpartisipasi dalam acara fun drive yang diselenggarakan oleh Chevrolet Indonesia pada hari Rabu, 10 April 2019. Dalam acara tersebut, Dr. Daniel berbagi beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap sehat saat mengemudi sebagai berikut:

1. Istirahat yang cukup

Mengemudi mobil jarak jauh membutuhkan kondisi tubuh yang bugar agar tidak cepat lelah. Kurang istirahat dapat memengaruhi konsentrasi pengemudi saat mengemudi sehingga dapat membahayakan pengemudi dan penumpang. Faktor kesiapan fisik juga merupakan salah satu penyumbang penyebab kecelakaan dan dapat terjadi malam ini. Di malam hari, tantangan mengemudi bukan hanya faktor kelelahan, tetapi juga mengantuk. Mengantuk dapat menyebabkan microsleep. Microsleep adalah suatu kondisi yang paling sering terjadi ketika mengemudi jarak jauh, microsleep atau tidur mikro itu sendiri adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami fase tidur tetapi dalam jangka pendek adalah 30 detik. Microsleep sendiri merupakan salah satu penyebab seringnya kecelakaan mobil.

2. Asupan makanan

Asupan makanan untuk pengemudi harus diperhatikan. Siapkan camilan seperti buah, sayuran, atau jus. Selain itu, makanan yang mengandung karbohidrat dan gas tinggi seperti nasi putih, pasta, sereal, dan roti, menjadi daftar yang harus dihindari ketika berkendara jarak jauh. Pengemudi juga harus mengonsumsi makanan kaya serat seperti makanan yang mengandung kacang, gandum, dan susu agar tidak menyebabkan kantuk.

3. Mencegah Dehidrasi

Siapkan air selama perjalanan untuk menghindari dehidrasi saat mengemudi. Sebuah studi mengatakan pengemudi yang cukup terhidrasi akan lebih fokus dan lebih mahir mengemudi. Selain itu, penting untuk membatasi minum minuman berkafein (seperti kopi, soda dan teh), minuman dengan kadar gula tinggi (kemasan) dan menghindari minuman berenergi dan minuman beralkohol saat mengemudi. Di bawah pengaruh minuman keras, kinerja otak tidak dapat dimaksimalkan. Walaupun itu tergantung pada jumlah yang dikonsumsi, efek alkohol pada otak dapat menyebabkan seseorang lebih sulit untuk memperkirakan, lambat bereaksi dan mengalami penurunan kemampuan visual. Jadi, mengendarai kendaraan di bawah pengaruh minuman keras adalah tindakan kriminal. Selain merugikan diri sendiri, itu bisa membahayakan kehidupan pengguna jalan lainnya.

4. Waktu Mengemudi

Waktu mengemudi dapat memengaruhi tingkat kelelahan pengemudi, sehingga pengemudi harus memilih waktu mengemudi yang tepat. Saat mengemudi di pagi hari, terkadang kita berada dalam posisi melawan sinar matahari dan cahaya juga bisa mempercepat tingkat kelelahan saat mengemudi. Namun, mengemudi di malam hari juga berdampak pada kelelahan fisik, seperti efek efek pencahayaan dari lampu jalan atau lampu mobil dan juga dalam kondisi cuaca hujan yang dapat menyebabkan kondisi fisik menjadi lebih tegang, sehingga tubuh cepat lelah.

5. Posisi Duduk

Posisi duduk yang nyaman saat mengemudi adalah salah satu perhatian untuk meminimalkan tingkat kelelahan. Posisi duduk yang paling direkomendasikan adalah posisi duduk yang baik adalah posisi tegak 90 derajat. Jika posisi duduk terlalu miring ke belakang, tubuh di leher dan bahu akan mengalami tekanan tekanan, karena area tersebut akan melayang karena tidak didukung oleh sandaran kepala. Berikut adalah beberapa posisi duduk yang dapat dilakukan pengemudi:

Posisi duduk ini duduk tegak, satu tangan di setir dan satu tangan di jendela. Keluhan yang sering ditemukan adalah nyeri lengan dan nyeri leher dan bahu.

Posisi duduk ini adalah tubuh maju dan duduk tegak. Keluhan yang sering didapat saat posisi ini adalah nyeri bahu dan leher, kram kaki, dan nyeri samping.

Posisi duduk yang sering berubah-ubah dan tidak stabil adalah definisi dari prosedur duduk ini. Untuk keluhan yang sering didapat, yaitu kram kaki, nyeri punggung bawah dan bokong.

Duduk terlalu mundur dengan kaki lurus adalah definisi dari posisi duduk ini. Untuk keluhan pada posisi ini terjadi nyeri samping pada pinggang dan nyeri hemoragik bagian bawah.

Dari berbagai posisi duduk di atas, pengemudi dapat mengurangi risiko dengan melakukan beberapa hal, yaitu:

Dorong leher dengan bantal leher atau handuk kecil.
Posisi lutut di bawah pinggang.
Posisikan kursi senyaman mungkin sehingga dapat mencapai akselerator dengan benar.
Kedua tangan berada di setir (kecuali saat mengganti gigi).

6. Regangkan otot

Dalam perjalanan jauh, Anda harus meluangkan waktu untuk meregangkan otot, terutama di kaki, untuk menghindari Deep Vein Thrombosis (DVT), yang merupakan pembekuan darah di kaki yang disebabkan oleh terlalu lama duduk. Lakukan aktivitas peregangan otot sederhana di dalam mobil, seperti membalikkan tubuh ke kanan dan kiri, mengangkat kaki, memutar tumit, dan menurunkan kepala ke bawah dan ke atas. Beberapa kegiatan ini dapat membantu mengembalikan otot renggang karena mengemudi terlalu lama.

7. Hindari stres

Bagi sebagian orang, mengemudi adalah kegiatan yang menyenangkan, tetapi ada juga yang tidak setuju. Agar perjalanan menjadi menyenangkan, Anda harus merencanakan perjalanan lebih awal untuk menghindari jam kemacetan di tempat-tempat tertentu. Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan musik favorit Anda untuk mengurangi tingkat stres dan saturasi dalam berkendara jarak jauh

About the Author: