Work Wheels Official

Menteri Pertahanan sibuk membicarakan tentang Prabowo Subianto yang mencoba Kendaraan Taktis atau kerajinan Maung oleh PT Pindad pada Senin (13/7). Tidak hanya untuk kebutuhan militer, kendaraan taktis juga akan memiliki spesifikasi berbeda yang dinyatakan untuk dijual secara bebas kepada warga sipil.

Dijelaskan oleh Abraham Mose, Presiden Direktur PT Pindad, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) telah memerintahkan sebanyak 500 unit Maung Pindad dengan spesifikasi khusus. Selanjutnya, setelah bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Ramoung, diizinkan untuk memproduksi massal Maung dengan spesifikasi berbeda untuk dipasarkan secara umum.

Untuk versi Kementerian Pertahanan, Pindad mengaku menjual Maung dengan harga Rp 600 juta per unit. Sedangkan untuk versi sipil atau jalan nanti, Pindad akan menjualnya dengan harga yang lebih kompetitif atau lebih murah mengingat spesifikasi yang terungkap.

Masih menurut Abraham, untuk versi sipil spesifikasi yang diturunkan adalah bahan bodi dan kaca yang tidak tahan peluru, tanpa rollbar atau rollcage dan pemegang rifle. Sementara fitur paling signifikan yang hilang dalam versi sipil adalah persenjataan kaliber 7.62mm, konsol laras panjang SS2-V4 dan navigasi kendaraan dan pelacakan GPS.

Diperkirakan, menurut Pindad, Maung yang akan dipasarkan untuk warga sipil akan dihargai sekitar Rp 400 juta hingga Rp 500 juta per unit. Ini berarti bahwa jika dokumen selesai, Maung Pindad akan memiliki harga jual yang setara dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport tetapi jelas memiliki kemampuan yang jauh lebih baik.

Berbicara mengenai spesifikasi daya penggerak, Maung Pindad menggunakan mesin dari Toyota Hilux 2KD-FTV 2.5 liter turbocharger dengan transmisi manual 6-percepatan dan gerakan 4-roda dari kendaraan sejenis. Di masa depan, menurut Pindad, untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan bagi konsumen, mereka dapat mengunjungi bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia karena semua komponen penggerak dan elektronik berasal dari peringatan Toyota.

Leave a Reply