Warga Jawa Barat Sekarang Dapat Membayar Pajak Kendaraan di Tokopedia dan Bukalapak TheGasPol.com

By | 2019-01-04T11:14:45+00:00 January 4th, 2019|Velg Mobil|

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (Sambara) untuk mempermudah orang membayar pajak kendaraan bermotor. Melalui aplikasi ponsel pintar ini, masyarakat dapat langsung membayar pajak mereka melalui jaringan ATM Bank BJB, gerai ritel modern, ke pasar online.

"Membayar pajak kendaraan bermotor sekarang dapat di mana saja. Unduh aplikasi SAMBARA untuk mendapatkan kode pembayaran. Setelah itu, Anda dapat membayar di BJB, Alfamart, Indomaret, Bukalapak dan Tokopedia dll," tulis Ridwan Kamil di akun Instagram-nya.

Caranya cukup mudah, pengguna kendaraan bermotor cukup memasukkan Population Identity Number (NIK) dan nomor bingkai kendaraan (NOKA). Setelah itu, aplikasi pasar online akan menampilkan detail data kendaraan beserta jumlah tagihan yang harus dibayar. Selanjutnya, pengguna kendaraan bermotor melakukan pembayaran dan mencetak bukti pembayaran yang dikirim melalui email.

Dari e-commerce dan saluran elektronik ritel modern, pembayaran akan diproses oleh Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat (Bapenda). Kemudian, pengguna menukar bukti pembayaran dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) di semua layanan Sistem Administrasi Satu Atap Jawa Barat, selambat-lambatnya satu bulan setelah membayar. Dokumen kendaraan dapat dikirim melalui penyedia layanan logistik seperti TIKI, Pos Indonesia hingga Go-Send dari Gojek.

About the Author: