Waspada Cuci Mobil Menggunakan Alat Otomatis TheGasPol.com

By | 2019-08-26T04:41:19+00:00 August 26th, 2019|Velg Mobil|

Bagi Anda yang suka mencuci mobil cepat dengan menggunakan alat otomatis, hendaknya mewaspadai hal berikut. Salah-salah, bukannya hasil bersih mengkilap seperti yang diharapkan, yang ada malah body mobil Anda jadi baret-baret halus.

Alat otomatis yang dimaksud adalah mesin pencucian mobil model tunnel atau terowongan yang secara otomatis membasuh mobil Anda, lalu menyemprotkan cairan sabun, menggosoknya lalu mengeringkannya dengan blower. Mesin ini bekerja membersihkan mobil Anda tanpa campur tangan manusia.

Hendaknya sebelum memilih untuk mencuci mobil dengan cara seperti itu, Anda wajib memastikan brush atau alat gosok yang berputar otomatis secara vertikal dan horizontal pada mesin tersebut.

Menurut Robby Kurnia, Chief Executive Officer Auto Glaze, ada dua bahan brush atau sikat pada mesin pencucian mobil otomatis, yakni model plastik atau model karet. Paling aman adalah model karet, karena semakin sering digunakan bahan tersebut akan semakin halus dan elastic. Oleh karenanya tidak akan membuat baret permukaan cat mobil.

“Sebaliknya, jika menggunakan bahan plastik semakin sering digunakan bahan tersebut justru makin mengeras. Ketika ia berputar diatas permukaan cat mobil maka lama-lama akan menggores dan mengikis lapisan cat paling luar,” jelas Robby di gerai Auto Glaze Alam Sutera.

Memang tidak semua merek mesin cuci mobil otomatis menggunakan alat brush berbahan plastik, banyak  juga alat brush yang menggunakan permukaan karet mirip lap sintetis atau lap chamois.

Baiknya, pastikan sebelum Anda mencuci mobil menggunakan alat otomatis tersebut, tanyakan atau teliti lebih lanjut penggunaan bahannya.

 

About the Author: